Minggu, 20 Januari 2013

Fungsi-fungsi Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seluruh manusi didunia yakni saling berinteraksi dan tentuya menciptakan satu kegiatan yang tidak berhenti yakni berkomunikasi. Komnikasi merupakan salah satu bentuk atau kegiatan yang tentunya dilakukan oleh seluruh manusia untuk saling berinteraksi, bertegur sapa, untuk menghibur. Terjalinnya komunikasi dapat membentuk perilaku dan kebiasaan-kebiasaan diri kita. Hal tersebut dapat dilihat dari cara berkomunikasi. Dan juga berkomunikasi tidak harus dengan sesama manusia. Berkomunikasi bisa dilakukan dengan berbagai hal, seperti berkmunikasi lewat dunia maya, atau berkomunikasi langsung kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Kemudian, komunikasi juga memiliki fungsi-fungsi. Menurut Mulyana fungsi komunikasi terdiri dari 4 yaitu :
  1. Komunikasi Sosial yakni komunikasi sosial yang sangat penting untuk membangun konsep diri kita, aktualitas diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan dll. Komunikasi sosial ini yang sering biasa dilakukan dalam berinteraksi.
  2.  Fungsi Ekspresif yakni dalam komunikasi ini masih ada kaitan atau hubungan dengan komunikasi sosial yang dimana dapat dilakukan baik itu sendirian ataupu kelompok yang memiliki tujuan yaitu mempengaruhi orang lain yang sudah jelas untuk menyampaikan perasaan-perasaan emosi kita.
  3. Fungsi Ritual yakni komunikasi yang dilakukan secara kolektif. Dan sudah jelas, komunikasi yang terjalin dalam hal ini erat kaitannya dengan hubungan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dimana terkait dengan religius atau agama.
  4. Komunikasi Instrumental yakni komunikasi yang dilakukan untuk menginformasikan, mendorong, mengajar, mengubah sikap dan keyakina dan bersifat persuasif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
blogger template by arcane palette